Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan bagian dari Matakuliah Kewirausahaan dengan kode MWU 209, bersifat wajib dengan bebas 2 sks bagi mahasiswa semester VI di Departemen Kimia Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro.

Tujuan:

  1. Meningkatkan pengetahuan, pengalaman, kemampuan dan ketrampilan mahasiswa,
  2. Mendapatkan masukan guna memberikan masukan dalam penyempurnaan materi perkuliahan maupun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhanan masyarakat (stakeholder),
  3. Membina dan meningkatkan kerjasama dengan instansi tempat PKL.

Pesyaratan: 

Syarat untuk dapat mengikuti PKL adalah mahasiswa Departemen Kimia FSM UNDIP yang telah menempuh 100 sks dengan IPK 2,25 tanpa nilai E.

Waktu Pelaksanaan: 

Pelaksanaan magang adalah selama 1 bulan pada waktu setelah UAS sampai menjelang dimulainya perkuliahan semester berikutnya.

Pelaksanaan PKL:

1. Yang dilakukan Mahasiswa

  1. Mempelajari unit kerja instansi tempat PKL
  2. Wajib hadir selama melaksanakan PKL di unit kerja instansi tempat PKL,
  3. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh pembimbing di instansi tempat PKL,
  4. Melakukan koordinasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) selama kegiatan PKL
  5. Menjaga nama baik institusi
  6. Membuat laporan sesuai dengan ketentuan, dan mempresentasikan dalam seminar PKL yang diselenggarkan oleh Departemen Kimia FSM UNDIP.

2.  Pembimbing Lapangan Instansi/Perusahaan

  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa PKL untuk melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku di instansi/perusahaan.
  2. Memberikan bimbingan dan pengarahan agar kegiatan PKL berjalan lancar dan bermanfaat bagi instansi/perusahaan maupun institusi perguruan tinggi.
  3. Memberikan penilaian terhadap mahasiswa PKL.

3.  Dosen Pembimbing Lapangan

  1. Memberikan pengarahan dan bimbingan bagi mahasiswa pada kegiatan PKL baik dalam penyusunan proposal, pelaksanaan maupun pelaporan kegiatan PKL.
  2. Mengawasi pelaksanaan PKL, memberikan pelaporan kepada koordinator tentang hal-hal yang bersifat khusus mengenai perilaku mahasiswa selama pelaksanaan PKL
  3. Melakukan supervisi bagi mahasiswa yang PKL
  4. Memberikan penilaian kepada mahasiswa PKL

Alur pelaksanaan PKL

Sebelum melakukan PKL di lapangan mahasiswa disarankan terlebih dahulu membuat usulan PKL yang telah disetujui oleh DPL, PL dan diketahui oleh koordinator PKL.

Panduan Penulisan Usulan PKL

Sistematika Laporan PKL

Dengan adanya PKL, mahasiswa dapat memperluas  pengetahuan dan pengalaman tentang permasalahan yang ada di luar kampus, sehingga mahasiswa mempunyai kompetensi konkrit sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja setelah menyelesaikan studi S1 Kimia.