Para ilmuwan mengkomunikasikan hasil kerja mereka sebagian besar dalam bentuk tulisan di jurnal ilmiah di samping komunikasi verbal yang disajikan di konferensi. Ada berbagai alasan penting untuk mempublikasikan hasil penelitian. Dalam arti yang paling dasar, bahwa tidak etis untuk melakukan penelitian untuk dinikmati hasilnya seorang diri serta menerima hibah tanpa adanya publikasi hasil penelitian tersebut. Kegagalan untuk mempublikasikan karya ilmiah mencerminkan reputasi yang kurang baik bagi seorang ilmuwan. Selain itu publikasi akan memberikan pengaruh signifikan terhadap kemajuan riset di masa depan.

Dalam iklim akademis saat ini, publikasi penting untuk kemajuan karir dan untuk keberlangsungan suatu institusi baik Universitas, Fakultas dan Departemen. Saat ini jumlah publikasi digunakan sebagai tolok ukur produktivitas penelitian suatu institusi. Selain itu, atribut lain selain publikasi, seperti jumlah kolaborator, jumlah sitasi yang dihasilkan, dan jurnal bereputasi atau impact factor juga menjadi ukuran. Dengan demikian, publikasi adalah penanda utama akuntabilitas sebuah institusi penelitian.

Dari uraian di atas dapat dipahami begitu pentingnya penulisan karya ilmiah bagi peneliti. Maka untuk meningkatkan kapasitas dosen, peneliti dan mahasiswa pascasarjana dilaksanakanlah kegiatan Workshop on Inorganic Materials for Catalysis and Separation Processes in conjunction with (i) Course on Scientific Writing (ii) Course on Microporous Materials and Their Application in Catalysis 3 and Separation. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Kimia FSM UNDIP dan diikuti oleh civitas akademisi maupun peneliti di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7-9 Desember 2016 di Gedung ICT Centre Lantai 3 UNDIP

Acara ini merupakan kolaborasi 4 universitas, The University of Queensland Australia, Univerisiti Teknologi Mara Malaysia, Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Diponegoro. Dengan pelaksanaan acara ini akan diperoleh dua keuntungan sekaligus. Pertama adalah meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah bagi para dosen, peneliti dan mahasiswa pascasarjana khususnya di lingkungan Departemen Kimia dan Fakultas Sains dan Matematika atau di Universitas Diponegoro pada umumnya. Kedua, meningkatkan kolaborasi institusi antara Departemen Kimia dengan Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri.

Workshop on Catalysis dan Separation Process: Professor João Diniz Da Costa, The University of Queensland, Australia presentasi mengenai “Inorganic Membranes: Past, Present and Future”

Para peserta worksop antusias mendengarkan dan bertanya ke narasumber.

Foto Bersama Panitia Workshop dan Para Narasumber.

Foto bersama peserta course on scientific writing

Para peserta Course on Scientific Writing.

Course on Microporous Materials and Their Application in Catalysis and Separation dengan Dr. Julius Motuzas, The University of Queensland, Australia.

Diskusi renewing MoU kerjasama antara UNDIP dan The University of Quensland, Australia