(024) 7474754 chemistry@undip.ac.id

 

Semarang (5/7) Focused Group Discussion (FGD) penguatan peran alumni dalam rangka menyongsong asesmen  ASEAN University Network Quality Asurance (AUN-QA) guna meningkatkan mutu pendidikan Departemen Kimia FSM UNDIP dilaksanakan di ruang sidang dekan lantai 3 FSM Undip pada Jum’at (5/7). Acara ini dihadiri segenap dosen-dosen kimia dan para alumni kimia Undip dari berbagai angkatan. Acara dibuka oleh Prof. Dr. Widowati, S.Si, M.Si selaku Dekan FSM Undip. Dekan FSM melalui sambutannya berharap adanya FGD tersebut selain sebagai sarana bersilaturahmi antara alumni dengan dosen kimia Undip, dapat juga sebagai sarana meningkatkan kerja sama serta peran alumni bagi perkembangan kimia Undip.

Sesi pertama diisi oleh ketua alumni kimia Undip Yayuk Astuti, Ph.D. Ibu Yayuk, Ph.D memaparkan laporan kinerja dan kegiatan alumni Kimia Undip periode 2014-2019. Selain memaparkan laporan kinerja alumni Kimia Undip 2019, Ibu Yayuk, Ph.D mengajak segenap alumni untuk terus berkontribusi dan bekerja sama dengan departemen kimia Undip baik dalam hal akademik maupun non akademik. Kerja sama antara alumni dengan departemen kimia Undip merupakan kerja sama yang strategis karena akan menjembatani pihak terkait yang berkecimpung di dunia kerja dengan institusi pendidik mahasiswa dimana nantinya mahasiswa kelak akan menjadi tenaga kerja.

Dr. Dwi Hudiyanti selaku pembicara dan Ketua departemen kimia Undip memberi pemaparan mengenai profil departemen Kimia hinga capaian-capaian yang telah diraih Kimia Undip baik prestasi dari pihak dosen berupa publikasi tingkat nasional maupun internasioanal, dan juga berbagai prestasi dari pihak mahasiswa baik prestasi akademik maupun non akademik. Salah satu prestasi yang diraih oleh mahasiswa undip yaitu sebagai finalis mawapres kemenristekdikti tahun 2018 yaitu Sdr. Nurwarrohman Andre Sasongko. Sementara prestasi besar juga diraih oleh departemen kimia Undip dimana pada akreditasi BAN-PT yang dilakukan tahun 2018, kimia Undip berhasil mempertahankan akreditasi A yang sudah pernah diraih pada akreditasi sebelumnya. Bahkan pada akreditasi kali ini skor yang diperoleh mengalami peningkatan. Tentu terdapat andil besar dari alumni dalam pencapaian tersebut, Ibu Dr. Dwi Hudiyanti pun kembali mengajak untuk terus meningkatkan kolaborasi antara alumni dan pihak departemen kimia Undip agar kedepannya kimia Undip dapat terus berprestasi dan berhasil meraih akreditasi internasional.