Terengganu (28/7) Departemen Kimia Undip melakukan serangkaian kegiatan kunjungan ke Institute of Marine Biotechnology Universiti Malaysia Terengganu (IMB UMT). Agenda kunjungan dilakukan selama 4 hari, 28-31 Juli 2019. Agenda kunjungan meliputi seminar kolaborasi UNDIP-UMT, workshop dan kunjungan laboratorium dan penandatanganan LOI kerjasama antar kedua universitas. Agenda pertama adalah seminar kolaborasi UNDIP-IMB UMT. Dua narasumber pada acara seminar tersebut berasal dari Kimia Undip yaitu Ibu Dr. Dwi Hudiyanti, M.Sc dan Ibu Dr. Meiny Suzery, M.Si dan dua narasumber lagi berasal dari UMT yaitu Prof. Dr. Fadzilah Adibah Abdul Majid dan Dr. Yossie Andriani HS. Ibu Dr. Dwi Hudiyanti, M.Sc membawakan materi berjudul “Natural Phospholipids for Drug Delivery” adapun Ibu Dr. Meiny Suzery, M.Si menyampaikan materi berjudul “Pharmacological Importance of Leaf Hyptis pectinata Against Malaria, Pathogenic Bacteria and Cancer”. Agenda kedua yaitu berupa workshop NMR dan HPTLC yang dipandu oleh  Desy Fitria Syamsumir dan Siti Aisha Mohd Razi dari IMB UMT serta  kunjungan laboratorium.

Selain dua agenda tersebut, tujuan lain dari kunjungan adalah terjalinnya kerjasama yang juga meliputi kegiatan-kegiatan perkuliahan baik untuk program undergraduate maupun postgraduate. Salah satu bentuk kerjasama yang dirintis berupa program mini courses (Sit in) bagi mahasiswa Prodi S1 Kimia UNDIP di IMB UMT dan sebaliknya selama sekitar satu bulan serta student exchange. Dengan adanya program-program ini akan membuka peluang bagi mahasiswa dari kedua kampus untuk mendapatkan pengalaman baru serta networking dengan dunia luar. Beberapa kegiatan yang dicanangkan selain program Sit in, juga kegiatan seperti Kunjungan Industri, PKL (Praktik Kerja Lapangan) ataupun riset mahasiswa. Untuk mahasiswa postgraduate kegiatan yang dicanangkan adalah mini courses dan riset serta sharing riset.

Annual meeting akan diagendakan untuk memonitoring dan mengevaluasi aktivitas kerjasama. Harapan kedepannya kerjasama kedua kampus ini akan terus berlanjut dan dari kerjasama ini bisa melahirkan berbagai proyek internasional, courses yang rutin serta bentuk kerjasama lainnya. Terjalinnya kerjasama dengan kampus dari luar negeri merupakan bukti dan pengakuan atas mutu pelaksanaan Tri Darma PT di Departemen Kimia Universitas Diponegoro.

Foto Bersama setelah acara seminar kolaborasi

Suasana workshop NMR dan HPLTC