Jakarta (10/11) Mahasiswa Kimia Universitas Diponegoro kembali menorehkan prestasi membanggakan, kali ini prestasi tersebut berasal dari keringat Kharisma Madda Ellyana. Madda tergabung dalam tim Filteks yang memenangi kompetisi Ideanation. Ideanation merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Narasi dan BASIC yang bertujuan untuk menantang mahasiswa-mahasiswa dari berbagai kampus untuk mengembangkan ide, kreativitas dan inovasinya dalam menciptakan suatu teknologi baru yang dapat diimplementasikan dan bermanfaat dalam kehidupan nyata.

Tim FILTEKS sendiri memiliki akronim Filtrasi Limbah Tekstil   merupakan tim multi-disiplin dimana anggotanya adalah mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan. Adapun anggota tim FILTEKS yaitu:

  1. Kharisma Madda Ellyana (S1-Kimia)
  2. Fadhlan Rasyid Ridho (S1-Teknik Kimia)
  3. Jasmine Aulia (D3-Teknik Elektro)
  4. Moh Rizal Tahqiqi (S1-Teknik Industri)
  5. Ranti Aulia (S1-Teknologi Pangan)

Filteks mampu menyabet gelar juara dalam kategori IV (Applied Technology) dengan tema  “Green Technology and Natural Disaster Management”. Di babak final FILTEKS mampu mengalahkan dua finalis tim lain yaitu TSUPERECTOR dan GONCO TEAM yang berasal dari Universitas Diponegoro juga. Dalam perlombaan FILTEKS mengusulkan suatu teknologi berbasis fotokatalis Titanium Dioksida-Karbon-Dot dan Self Cleaning untuk Mendegradasi Limbah Zat Warna Dalam Meningkatkan Kualitas Air. Ide besar teknologi tersebut berangkat dari kegelisahan makin banyaknya akan limbah warna industri tekstil yang mencemari lingkungan dan sulit terdegradasi. Dengan teknologi FILTEKS tersebut hasil limbah warna dapat diolah menjadi air bersih dan sumber energi generator. Sekali lagi selamat buat Madda dan timnya terima kasih sudah menginspirasi bahwa Kimia itu keren!