Pekalongan (10/08/2023) – Pada minggu ketiga kegiatan TIM II KKN Undip 2022/2023 di Desa Werdi, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, dilakukan Program Monodisiplin yang dilaksanakan oleh Nida Fauziyah (22), mahasiswa program studi Kimia Fakultas Sains dan Matematika angkatan 2020. Program Monodisiplin yang dilaksanakan ialah Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Air Limbah Kolam Lele.

Usaha budidaya ikan lele sering menimbulkan pencemaraan lingkungan, terutama dari bau tidak sedap dan buruknya saluran pembuangan. Air kolam lele memiliki potensi kandungan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, terutama unsur N dan P, yang sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan akar tanaman.

Gambar 1. Proses Pembuatan Pupuk Organik Cair Limbah Air Kolam Lele

Unsur nitrogen yang diserap tanaman mempengaruhi proses fotonsintesis yang hasilnya dipergunakan untuk pembentukan bagian tanaman, termasuk pembentukan dan pertumbuhan daun. Nitrogen berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman, pertumbuhan daun, meningkatkan kadar protein dalam tubuh tanaman.  Sehingga hal ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk anorganik yang harganya semakin meningkat.

Gambar 2. Poster Penjelasan Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Limbah Air Kolam Lele

Melihat potensi yang besar ini, limbah dari kolam lele ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pupuk organik cair. Pertama-tama, air limbah lele dicampur dengan gula merah dan juga EM4. EM4 berfungsi sebagai dekomposer pupuk serta gula merah sebagai makanan dari bakteri yang terdapat pada EM4. Campuran di atas, kemudian dicampur ke dalam air dengan perbandingan 1:10 . Pupuk organik cair dari limbah air kolam lele langsung dapat digunakan.

Gambar 3. Hasil Produk

Dari program ini, diharapkan para gabungan kelompok tani (GAPOKTAN) dapat memanfaatkan limbah budidaya lele menjadi pupuk organik cair yang lebih bernilai ekonomis dan tidak dibuang mencemari lingkungan sekitar lokasi budidaya. Bagi pembudidaya ikan lele, selain bisa memelihara ikan lele, bisa juga dapat memproduksi produk pupuk organik cair yang dapat dijual dan dapat penghasilan tambahan.

 

Penulis           : Nida Fauziyah

DPL                : Mujiono Hafidh Prasetyo, S. H., M. H., LL. M  

 

KKN TIM II UNDIP 2022/2023

#KKNTimIIperiode2023

#p2kknundip

#lppmundip

#undip

Please visit, like, share, follow and subscribe our website and social media
https://kimia.fsm.undip.ac.id
https://www.facebook.com/chemistry.diponegoro
https://www.instagram.com/chemistry.diponegoro
https://twitter.com/chem_diponegoro

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Halo, Saya Admin Kimia Undip...